Karena Bahasa Inggris kelihatan Lebih "Mahal" atau "Keren"




Tahukah Anda, Jika Anda membeli es teh manis, mungkin anda cukup merogoh uang Rp2rb-Rp5rb, tapi ketika Anda memesan "sweet ice tea" maka anda siap-siap merogoh duit Rp15rb-Rp25rb.


Saya juga punya pengalaman (mungkin anda juga), kalau makan "pisang goreng" saya cukup bayar Rp2rb/buah (bisa jadi lebih murah), tapi saya pernah makan dengan judul "fried banana", harganya Rp30ribu. padahal rasanya ya sama aja.

Anda pernah makan Javanese Salad? Atau baru pertama kali dengar? saya pernah makan javanese salad dengan harga Rp35ribu.. tahukah Anda, bahwa javanese salad itu adalah pecel.. wow!

Kita melihat paradigma di Indonesia bahwa versi inggris itu keliatan keren dan layak dihargai mahal.. padahal sama aja rasanya dengan versi indonesia..

Jika kita hubungkan dengan Pembelajaran Hipnosis...

Mungkin anda pernah mendengar kata SUGESTI.. Apa yang dikepala Anda jika mendengar kata SUGESTI? bisa jadi Anda menjawab, "Kata-Kata Powerfull" atau seperti mantra ajaib yang bisa mempengaruhi siapa saja.. Padahal SUGESTI itu adalah SADURAN dari Bahasa Inggris yaitu: SUGESTION.

Di luar negeri sana, orang-orang yang belajar hipnosis akan berkata, "Let me suggest you.." atau "Listen to my suggestion"..

ketika ilmu hipnosis ini tiba di Indonesia,
bahasanya, "Biarkan saya men-SUGESTI Anda." atau "Dengarkanlah SUGESTI saya".

Keliatan keren kan ketika Bahasa Inggris "SUGGESTI" tetap dipertahankan..

Padahal....

Padahal Translate yang benar itu adalah,
"Biarkan saya memberi SARAN kepada anda" atau "Dengarkanlah SARAN saya."

hahahaha.. langsung terlihat lemah kan?

karena SUGESTION = SARAN

tapi Biar kelihatan Ilmu Mahal dan Keren, SUGGESTION = SUGESTI

Tahukah Anda, bahwa awalnya kata Sugesti tidak masuk ke dalam KBBI cetakan pertama di tahun 1988. Mulai Edisi ketiga (2005) dan keempat (2008) kata saduran mulai dimasukkan sebagai kata resmi dalam bahasa Indonesia.

Jadi mulai hari ini, mau beralih dengan kata "SARAN" atau tetap menggunakan kata "SUGESTI"?

Selanjutnya, terserah Anda..

Rezky Daniel
Founder Smart Hypnotist Center

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Hipnotis (Hipnosis) dengan NLP

Belajar Nilai Kehidupan dari SEKUMPULAN ANGSA

Hipnoterapi Hanya dengan Harga IKHLAS !!